• Uncategorized
  • 0

Tugas 1 Etika Profesi

Tugas 1 Definisi :

1. ETIKA

Menurut James J. Spillane SJ Etika ialah mempertimbangkan atau memperhatikan tingkah laku manusia dalam mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan moral. Etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang kepada orang lain.

Berdasarkan opini saya etika adalah suatu aturan perilaku atau adat seseorang yang secara objektif terhadapap suatu permasalahan berdasarkan norma-norma yang dianut setiap orang secara individu atau kelompok.

2. PROFESI dan PEKERJAAN

Pekerjaan ialah sekumpulan kedudukan(posisi) yang memiliki kesamaan kewajiban atau tugas pokok yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Menurut saya pekerjaan adalah suatu instrument atau alat untuk memenuhi kebutuhan dan suatu pekerjaan tidak harus memiliki suatu keahlian khusus karena jika suatu pekerjaan memiliki suatu keahlian khusus maka pekerjaan tersebut telah menjadi suatu profesi.

Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris “Profess”, yang dalam bahasa Yunani yang bermakna: “Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen”.

Profesi juga sebagai pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuankhusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kesehatan, keuangan, militer, teknik  desainer, tenaga pendidik.

Berdasarkan dari pengertian di atas saya dapat menyimpulkan bahwa sebuah profesi sudah pasti adalah suatu pekerjaan tetapi suatu pekerjaan belum tentu menurupakan profesi karena sebuah profesi didapatkan melalui rangkaian jenjang pendidikan formal yang memiliki lambang atau bukti dan sebuah profesi tidak bisa didapatkan seseorang secara instan melainkan melalui sebuah kerja keras olah karena itu mengapa profesi dikatakan sebagai suatu keahlian khusus yang dimiliki oleh seseorang.

3. PROFESIONAL

Menurut kusnanto Profesional adalah seseorang yang memiliki kompetensi dalam suau pekrjaan tertentu.

Menuruthary suwanda profesional adalah seseorang yang ahli dibidangnya dan mengandalkan keahliannya sebagai mata pencahariannya.

Berdasarkan pengertian profesional menurut kedua ahli diatas saya menyimpulkan bahwa profesional adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu dan menjadikan keahliannya sebagai alat untuk memenuhi kebutuhannya serta memberikan kontribusi yang nyata pada lingkungan sekitarnya. Seseorag dapat dikatakan profesional jika dia telah benar-benar ahli pada suatu bidang dan diakui oleh masyarakat disekitarnya serta menunjukkan sikap seorang profesional yang berdedikasi tinggi, disiplin, pantang menyerah dan bermanfaat bagi orang banyak.

4. Norma vs moral

Norma atau kaidah adalah ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat. Ketentuan tersebut mengikat bagi setiap manusia yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut, dalam arti setiap orang yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut harus menaatinya. Di balik ketentuan tersebut ada nilai yang menjadi landasan bertingkah laku bagi manusia. Oleh karena itu, norma merupakan unsur luar dari suatu ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat, sedangkan nilai merupakan unsur dalamnya atau unsur kejiwaan di balik ketentuan yang mengatur tingkah laku tersebut.

Menurut saya norma adalah suatu kebiasaan yang dipegang oleh seseorang dan lingkungannya untuk menentukan hal benar dan salah didalam kehidupan bermasyarakat.

Moral  menurut Suseno (1998) adalah ukuran baik atau buruknya seseorang, baik secara pribadi maupun sebagai warga masyarata dan warga negara.

Menurut saya moral adalah cara pandang baik atau buruk seseorang yang dibawa dan ditetapkan menurut diri pribadi masing-masing, dan moral dipengaruhi oleh norma yang di anut oleh seseorang tersebut dan lingkungan keluarga serta hal yang dipelajari oleh seseorang tersebut.

5. ETIKA PROFESI

Etika profesi menurut keiser dalam(Suhrawardi Lubis, 1994:6-7) adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan profesional terhadap masyarakat dengan penuh ketertebian dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewaajiban terhadap masyarakat.

Menurut saya etika profesi adalah cara berperilaku seorang profesional yang bertanggung jawab terhadap profesinya sesuai dengan aturan kode etik profesi yang di akui secara hukum keprofesian dan merupakan cara seorang profesional untuk menunjukkan keprofesionalannya pada masyarakat luas.

6. KODE ETIK PROFESI

Kode etik profesi adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik serta apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang harus dihindari dengan tujuan agar seorang berprofesi memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai jasa.

Menurut saya kode etik adalah suatu aturan yang tertulis secara tegas bagaimana seorang orang profesional harus bekerja sehingga dapat membuktikan gelar profesi yang didapatkan pada masyarakat banyak.

 

TUGAS 2 PROFESI IT IMPIAN

Database Administratot(DBA)

database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator database programmer, dan terkait erat dengan database analyst, database modeler, programmer analyst, dan systems manager. Peran DBA mencakup pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan.

Requiredment DBA:

  • Memiliki pengetahuan mengenai database yang digunakan, termasuk juga tools dan utilities-nya.
  • Memiliki pemahaman mengenai design database
  • Memiliki kemampuan tuning dan monitoring terhadap database
  • Memiliki kemampuan backup dan recovery
  • Memiliki pengetahuan mengenai security management
  • Kemampuan dasar seorang IT-Pro harus dimilki
  • Kemampuan komunikasi, teamwork, dan negosiasi
  • Kemampuan problem-solving dan analytical yang bagus
  • Familiar dengan bahasa manipulasi utama dan prinsip dari perancangandatabase
  • Fleksibilitas dan adaptabilitas
  • Kemampuan organisasional yang bagus
  • Mampu untuk bekerja dibawah tekanan pada deadline yang sempit
  • Business awareness dan mengerti keperluan bisnis dari IT
  • Kemauan untuk tetap up to date dengan perkembangan teknologi baru
  • Komitmen untuk melanjutkan professional development
  • Mengerti perundang-undangan informasi, contoh Data Protection Act

 

Kode etik profesi DBA:

  • menjaga kerahasiaan data
  • mempunyai sikap yang tegas
  • memberi wewenang kepada pihak tertentu
  • tidak membeberkan informasi kelemahan system
  • tidak mempublikasikan tentang management system

Referensi:

https://komunitasgurupkn.blogspot.com/2014/08/pengertian-norma-macam-macam-norma-dan.html

Kode Etik Profesi Database Administrator (DBA)

https://thelastthree.wordpress.com/tag/definisi-profesionalisme-menurut-para-ahli/

https://id.wikipedia.org/wiki/Profesi

DEFINISI PEKERJAAN, PROFESI, JABATAN, DAN KARIR

http://coretanseadanya.blogspot.com/2012/09/pengertian-nilai-moral-dan-norma-dalam.html

http://www.sepengetahuan.com/2015/10/15-pengertian-etika-menurut-para-ahli-terlengkap.html

 

Dosen Etika Profesi:

https://ananda.staff.telkomuniversity.ac.id

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *