• Uncategorized
  • 0

Tugas Pemrograman Web Dasar

Annisa Humairo <6701164008>
D3 Manajemen Informatika

Selamat Datang di blog saya,
ini postingan pertama saya di blog ini, postingan saya ini berhubungan dengan pembuatan program dengan “Pola Obat Nyamuk” untuk memenuhi tugas pertama pada Mata Kuliah Web Dasar. Mungkin pola yang terbentuk tidak terlalu menyerupai pola obatnya, hal ini karena pemahaman saya yang masih kurang akan php maupun Algoritma dalam pemrograman.

Pola ini menggunakan bahasa pemrograman php , untuk mengubahnya menjadi bahasa java perbedaannya hanya pada output dan penamaan variabel, pada java untuk out menggunakan “System.out.println(“”);” , sedangkan pada php menggunakan “(echo””;)”. Lalu variabel pada java menggunakan type data seperti Sting, Int, Char dll, pada php cukup menambahkan tanda dolar ($) didepan nama variabel dan nama variabel harus dimulai dengan huruf atau underscore. berikut tahapan pembuatan program berpola obat nyamuk dengan php.

  1. buka xampp dan notepad sebagai media eksekutor dan editornya, pastikan apache pada xampp kalian telah di start1
  2. Buka notepad++ untuk memulai membuat program. Atur bahasa pemrograman menjadi php, untuk pengaturan bahasa pemrograman pilih di toolbar Language.
  3. disini kita membuat pola dengan menggunakan perulangan do while dan for. hal pertama yang harus kita lakukan setiap kali memulai program adalah menentukan variabel yang akan kita gunakan.2
    Disini saya tidak memerlukan inputan sehingga batas perulangannya telah saya tentukan yaitu $batas=5; , lalu saya menggunakan array 2 dimensi untuk membentuk kolom dan baris, $isi adalah variabel yang menampung isi array, $kolom1 adalah barisan yang berada diĀ  atas, $baris1 adalah yang berada di kanan , $kolom2 adalah yang berada di bawah dan $baris2 adalah yang berada di sisi kiri.
  4. setelah menentukan variabel, maka sekarang kita tentukan algoritma perulangannya, di sini saya menggunakan perulangan do while,dimana nanti pada while akan berisi kondisi perulangan akan berhenti disini saya menentukan perulangan akan berhenti jika variabel isi nilainya lebih kecil atau sama dengan batas x batas, jadi jika saya menulis $batas=5, maka perulangan akan berhenti pada apa angka 25.3
    Disini saya menggunakan 4 perulangan for untuk membentuk pola obat nyamuk ini, for pertama mengisi dari kiri kekanan, for kedua mengisi dari kanan atas kebawah, for ketiga mengisi dari kanan kekiri dan for ke empat mengisi dari kiri bawah keatas.
  5. untuk menampilkan hasil algoritma saya menggunakan perulangan for lagi, kenapa saya banyak menggunakan perulangan for, karena pada kasus ini saya telah mengetahui mulai dari index array keberapa yang akan di tampilkan dan sebanyak apa perulangan ingin saya tampilakan.4
    untuk memberikan sepasi antar line saya menggunakan <br> , kalau pada java yang dikenali adalah println, pada php adalah <br> mirip seperti html dan css. pada echo kita dapat menampilkan beberapa argumen sekaligus dengan menambah kan tanda titik (.) sebelum argumen kedua ditulis, hal ini mirip dengan fungsi tanda tambah (+) yang ada pada java.
  6. hasil output
    55
    untuk kenapa gambar tidak berbentuk bulat, hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman serta pengetahuan saya ketika membuat program ini, untuk mengubah arah agar pola obat nyamuknya menghadap kekanan, kalian tinggal mengubah tanda + dan – yang ada dalam program .

    semoga postingan saya bermanfaat .

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *